04 July 2008

Membuat Lapbook

Pandu lagi senang-senangnya membuat buku. Dia membuat beberapa gambar di beberapa lembar kertas A4, lalu setiap lembarnya diberi lem sehingga semua gambarnya bisa menempel seperti buku. Dia buat semua itu dengan pemikirannya sendiri, idenya sendiri. Lalu, Mami berpikir, kenapa kok tidak dimanfaatkan saja ketertarikan Pandu ini? Mami menemukan kegiatan yang pas untuk Pandu: membuat lapbook. Lapbook pertama Pandu berjudul Dinosaurus. Saat ini lapbooknya belum jadi, nanti kalau sudah jadi fotonya akan dipasang berikut cara membuatnya agar semua bisa ikut membuat lapbook.
Membuat lapbook seperti petualangan buat Pandu, karena dia asyik berimajinasi tentang gambar dinosaurus yang sedang ada dihadapannya. Dia bergerak seperti dino tersebut, bahkan memberikan nama untuk dino baru dalam imajinasinya.
Dalam lapbooknya, Pandu bisa belajar bahasa Inggris, menghitung, origami, menggunting dan menempel, sekaligus sambil mempelajari kehidupan dinosaurus. Lapbook memang sangat efektif untuk belajar. Metode ini sebenarnya bisa digunakan dalam metode unit study dan Charlotte Mason. Pandu bukan pengikut kedua metode tersebut, tapi tidak ada salahnya mengadopsi sisi baik metode lain, 'kan?

No comments: