11 July 2008

PCB + Slot = CPU?

Malam itu, Pandu melihat sang Mami bekerja di komputer keluarga, melakukan tata layout buku seorang klien. Ketika the Mami darling mem-browsing (apa sih basa Endonesa-nya?) clip-art (apa lagi yah basanya?), muncul gambar layout PCB, mungkin PCB sebuah motherboard or what so ever .
"Apa itu ?", tanya Pandu dengan singkat. Mami langsung berteriak ringan, "PAPIIIIIIIIII !!!!!!!! PANPAN TANYA GAMBAR APA INI ???". Waks, kayak gitu dibilang teriak kecil?

.... aduuuhhhh... kecil amat sih keyboard EEE ini? tangan jantan-ku belum terbiasa dengan pinky mungil ini, ketikanku salah terus, tekan shift jadi salah cursor pad. ....

Dengan kecepatan kilat, Papi berlari menuju TKP, lalu berujar, "Ooh, itu jalur-jalur di PCB, seperti jalanan saja, tapi yang lewat listrik". Dalam waktu singkat, Papi mengeluarkan salah satu koleksinya yang sudah berumur belasan tahun. Sebuah motherboard PC 386, 4 buah memory 30 pin, sebuah ISA VGA card dan ISA I/O card.
Singkat cerita, Pandu mengenal dan belajar mengenai PCB, listrik yang bisa mengalir, slot, card dan microchip. Pelajaran dilanjutkan dengan belajar memasang memory dan card pada slotnya. Dalam waktu yang tidak lama pula, pelajaran beralih menjadi permainan miniatur kota, dengan motherboard sebagai kota, kemudian kapasitor, microchip dan slot menjadi bangunan, jalur pcb menjadi jalanan dan Lego bricks menjadi mobil, truk dan ambulan.
Permainan menjadi lebih liar dengan turut campurnya sang Dino beserta koleksi komplit Kungfu Panda yang bertempur di dalam kota.

The End - Written by Papi using Mommy's Pinky EEE - Aaaaargghhhh!!!!! SOOO SMALLL!!!!

1 comment:

Choi Family said...

motherboard jadi kota...hi..hi...pandu imajinatif sekali. Sambil menyelam minum air...hi..hi...